Baterai CVR Black Box Lion Air Cuma Kuat 30 Hari

Tim SAR gabungan memasukan kotak penyimpan berisi bagian dari kotak hitam (black box) pesawat Lion Air bernomor registrasi PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 610 ke dalam koper usai ditemukan di atas KR Baruna Jaya I, di perairan Tanjung Karawang.

 

PT. Rifan Financindo – Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi atau KNKT, Nurcahyo Utomo mengatakan black box CVR (Cockpit Voice Recorder) ditemukan tapi kondisinya tertutup lumpur.

“Kemungkinan CVR ini juga tertutup lumpur, sinyalnya lemah tapi masih ada dari ketentuan kekuatan baterai underwater locater ini harusnya sampai 30 hari, jadi harusnya masih ada,” ujar Nurcahyo di kantornya, Jakarta Pusat, Minggu, 4 November 2018.

Untuk itu, upaya pencarian terhadap barang CVR terus dilakukan oleh tim penyelaman gabungan. Namun, belum ditemukan karena kondisi di bawah laut berlumpur.

Ia menjelaskan, apabila kedua black box FDR (Flight Data Recorder) maupun CVR ditemukan maka akan mempermudah untuk melakukan proses investigasi terhadap penyebab kecelakaan pesawat tersebut.

“Dua-duanya ada amat sangat saling membantu dan mendukung, namun demikian kalau seandainya hanya ditemukan satu maka kita akan berupaya maksimum akan apa yang kita punya,” kata dia.

Saat ini, KNKT telah berhasil mengunduh black box FDR dari Pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Laut Karawang, Provinsi Jawa Barat.

“Kita total memperoleh data dari black box adalah 69 jam, terdiri 19 penerbangan termasuk penerbangan yang mengalami kecelakaan. Kemudian, jumlah parameternya kurang lebih ada 1.800,” tuturnya.

 

Sumber: today.line

PT. Rifan Financindo