Harga Emas Hari Ini, 26 Maret 2020 | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo¬† –¬† Emas berhasil kembali ke level US$1.600 per troy ounce setelah The Fed secara mendadak mengumumkan stimulus untuk melindungi ekonomi AS dari paparan penyebaran virus corona atau COVID-19 sehingga mendorong dolar AS melemah.

Berdasarkan data Bloomberg, pada perdagangan Kamis (26/3/2020) pukul 5.05 WIB, harga emas berjangka untuk kontrak Juni 2020 di bursa Comex terkoreksi 1,74 persen ke level US$1.634,3 per troy ounce. Sementara itu, harga emas di pasar spot bergerak di level US$1.610 per troy ounce, turun 0,37 persen.

Adapun, penguatan tajam juga dialami oleh emas batangan dalam negeri cetakan PT Aneka Tambang Tbk. atau emas Antam. Logam mulia untuk cetakan 1 gram melonjak Rp28.000 per gram menjadi Rp919.000 per gram, level tertinggi emas Antam sepanjang sejarah.

Mengutip publikasi riset Goldman Sachs terbaru, emas sebagai aset safe haven tradisional tampak akan segera bangkit dari keterpurukannya selama dua pekan terakhir ketika investor terus memborong dolar AS karena menganggap greenback lebih aman dibandingkan dengan emas pada saat ini.

Stimulus terbaru The Fed akan membantu meringankan tekanan likuidasi aset-aset yang dilakukan investor untuk mencari uang tunai lebih banyak. Goldman menilai saat ini kepanikan investor mulai reda dan akan mendorong investor fokus untuk ekspansi neraca keuangannya ketimbang menutupi kerugiannya.

Simak pergerakan emas global hari ini secara live.

 

 

Sumber: Market.bisnis

PT Rifan Financindo