Honda Sarankan Isi BBM Berstandar Euro4, Supaya Tak Cepat Rusak | PT Rifan Fiancindo

PT Rifan Fiancindo –  Gabungan Asosiasi Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mengingatkan kepada mobil berstandar Euro4 agar mengisi bahan bakar sesuai dengan anjuran pabrikan. Hal itu dilakukan guna menunjang kinerja mesin supaya bisa maksimal.

Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy mengatakan saat ini SPBU yang sesuai standar Euro4 belum merata. Namun dirinya mengatakan sementara ini produknya aman.

“Saya nggak tau Gaikindo berkata seperti apa, saya nggak baca. Tapi kita standar Euro4, jadi Euro4 mesti dites di Balai uji timbal, hasil tes itu kita sudah dinyatakan lulus semua, tinggal sertifikat. Tapi memang di Indonesia Euro4 itu fuelnya masih belum semua pom bensin,” ungkap Jonfis.

“Jadi kita bukan pertama kali adaptasi Euro4, kita sudah lakukan cukup lama, mungkin dari sejak tahun 2003, City pertama itu sudah Euro4, kompatible, Kalau Anda nggak punya sensor ini itu segala macem itu bisa rusak tapi di Honda sampai sekarang jalan baik,” terang Jonfis.

Lebih lanjut, saat disinggung mengenai garansi yang hangus saat tidak menggunakan BBM yang tak sesuai. Honda menyarankan yang direkomendasikan.

“Direkomendasikan, tergantung isi BBM apa, kan bisa dicek. Dan sampai saat ini nggak ada masalah asal dia ikut standar. Yang masalahnya kan cuma gas buang aja yang lebih kotor, kalau Anda oktannya lebih rendah, atau oktannya bercampur apa itu sulfurnya tinggi atau apa, sempat kan semua pompa bensin rusak, itu bisa membuat rusak kendaraan,” ungkapnya.

“Rekomendasi Euro4 nya fuel. Kenapa pemerintah tentukan Oktober ini? Kan kita sebagai produsen yang membuat mobil, mereka yang menyusun. Pemerintah berkoordinasi dengan yang lainnya. Dan sampai saat ini sudah mulai kan dan kita ikut,” tutup Jonfis

Sumber: oto.detik

PT Rifan Fiancindo

Be the first to comment

Leave a Reply