Jayapura Kondusif, Polisi Kawal Massa Longmarch ke Kantor Gubernur Papua | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo  – Polisi menyebut kondisi di Jayapura, Papua, kondusif saat massa longmarch menuju kantor gubernur. Polisi mengawal massa yang mulanya berkumpul di tiga titik.

“Situasi kondusif. Kita sudah lakukan komunikasi dengan koordinator lapangan, mereka sudah dalam perjalanan ke kantor gubernur,” ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal saat dimintai konfirmasi, Senin (19/8/2019).

Sebelum longmarch ke kantor gubernur Papua, massa berkumpul di Waena, Abepura dan Jalan Dok 9. Massa menurut polisi ingin menyampaikan aspirasi terkait peristiwa mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya, Jawa Timur.

“Kita sampaikan kiranya (gubernur) bisa menemui para pengunjuk rasa komunikasi terbangun. Langkah-langkah itu komunikasi elemen masyarakat meskipun ada respons, cukup terkendali,” sambung Kamal.

Demonstrasi tadi pagi juga dilakukan di Manokwari, Papua Barat. Massa memblokir jalan-jalan Manokwari hingga bertindak anarkistis dengan membakar gedung DPRD dan merusak eks gedung kantor gubernur Papua Barat.

Negosiasi dengan para pengunjuk rasa di Manokwari masih dilakukan. Negosiasi dilakukan Wagub Papua Barat, Kapolda dan Pangdam.

 

Massa di Manokwari Protes Pengepungan Asrama Papua di Surabaya, Lalin Lumpuh

Lalu lintas kendaraan di sejumlah jalan di Kota Manokwari, Papua Barat, macet total. Itu disebabkan adanya demonstrasi memprotes insiden kekerasan dan pengusiran mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya beberapa hari lalu.

Dilansir Antara, Senin (19/8/2019), sejumlah ruas jalan di Manokwari terutama Jalan Yos Sudarso diblokade massa. Aktivitas masyarakat maupun arus lalu lintas lumpuh.
Tak hanya memblokade jalan, warga juga menebang pohon dan membakar ban di jalan raya. Aparat kepolisian sudah turun ke jalan guna mengendalikan situasi.

Warga jalan Sanggeng Manokwari, Simon, mengatakan aksi ini merupakan bentuk kekecewaan masyarakat Papua terhadap insiden pengepungan asrama mahasiswa Papua di Surabaya. Dia mengatakan aksi ini agar pemerintah cepat menyelesaikan permasalahan mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang.

 

Harga emas Per 19 agustus 2019

 

Sumber: News.detik

PT Rifan Financindo