Sistem Mandek, Ubah Manajemen

High angle view of business executives in a meetin

High angle view of business executives in a meetin

Terkadang Anda menyadari bahwa ada yang tidak beres dalam manajemen Anda. Namun terjadi keraguan ketika akan mengubahnya. Sebab di permukaan semua berjalan normal saja dan proses bisnis berjalan baik, meskipun terasa berat. Salah satu faktor yang bisa dijadikan indikator dalam melihat ini, adalah pada staff Anda. Coba perhatikan bila mereka mulai menunjukan gap dengan Anda, maka ada sesuatu yang tidak beres. Bila mereka sudah menujukan hal itu, yang terjadi berikutnya mereka akan kehilangan minat dalam mendukung kesuksesan Anda.

Celaka lagi bila sudah tak mau mendorong perusahaan ke level atas. Langkah pertama untuk mengganti gaya manajemen Anda, adalah mengidentifikasikan gaya manajemen Anda saat inj. Seperti Otokrasi. Paternalistik (diktatorial), Demokratis, Musyawarah atau Pemimpin yang melayani. Dengan melihat gaya-gaya manajemen itu, Anda akan melihat salah satu yang cocok untuk diterapkan dalam manajemen perusahaan Anda.

Otokrasi, cenderung mengendalikan semua keputusan dan jalannya perusahaan dengan sedikit masukan dari tim atau staff lainnya. Paternalistik, gaya manajemen yang memiliki satu komando dari atas saja. Gaya manajemen demokratis cendrung menempatkan semua orang dalam level yang sama dan memberikan masukan. Sedangkan musyawarah adalah menempatkan kelompok orang untuk mengambil keputusan sedangkan pimpinan tertinggi tidak turut campur. Kemudian pemimpin yang melayani adalah berkonsentrasi pada kebutuhan dan keinginan kolega-koleganya.
– Sumber: Bisnisindeks.com

Comments are closed.